Friday, February 15, 2008

Atasi Knalpot Mbrebet Pada FU150

Keluhan mendasar buat penunggang bebek gambot ini adalah penyakit knalpot mbrebet. Selamat mencoba.

Dari beberapa tulisan terungkap ada sedikit kelemahan yang cukup banyak dialami para pemilik baru bebek gambot ini. Keluhan yang banyak dituliskan adalah knalpot sering mbrebet di putaran bawah. Berikut ini kumpulan tips yang berhasil saya kumpulkan.
  1. Sebelum menggenjot si gambot, pada pagi hari sebaiknya dipanaskan cukup lama sebutlah 5 menit. Tapi kan lumayan dari pada nanti mati sendiri, ya nggak?
  2. Ini tips paling canggih versi bro Sumantri dari Chips Motor. Gantilah pilot jet standar 12,5 dengan pilot jet 17,5. Jangan lupa sesuaikan stelan air screw dari semula ½ putaran kalau pake 12,5 jadi 1 putaran berlawanan arah jarum jam. Patokan pilot jet bergantung pula kondisi suhu harian motor dipakai. Bro Mantri menyarankan kalau untuk daerah dingin macam Bandung pakai pilot jet 15 dengan stelan air screw ¾ putaran.
  3. Tips hemat nih, kalau males beli pilot jet 17,5 rojok aja yg standar biar rada gedean trus rapetin deh busi standard bawaan motor sekitar 0,7 mm. Selebihnya setting lagi air screw (btw, ternyata kata mekaniknya ini bukan buat setelan angin tapi setelan pasokan bensin, jadi kudu pas bener!!).

No comments:

Post a Comment