Tuesday, October 19, 2010

Urut-Urut Bebek Goreng Bantul

Liputan6.com, Bantul: Namanya Warung Umar Plenteng. Lokasinya di Dusun Baran, Sanden, Bantul. Meski lokasinya di perkampungan namun banyak orang yang datang ke sani untuk mencicipi menu spesial urut-urut bebek goreng. Saat makan siang, puluhan orang mengantre pesanan urut-urut bebek goreng.

Umar Plenteng, pengelola warung ini dengan senang hati menunjukkan proses pengolahan bebek. Pertama-tama bebek yang telah dicuci bersih dipotong menjadi empat bagian terdiri dari bagian paha dan dada. Sedangkan bagian kepala hingga tulang ekor disisakan. Inilah yang disebut urut-urut.

Cara memasaknya, potongan bebek dimasak diatas dandang bersama bumbu bawang merah, kunir, jahe dan garam. Yang lebih penting memasaknya menggunakan kayu sehingga aromanya wangi. Setelah dimasak selama tiga jam baru dilakukan penggorengan. Urut-urut bebek ternyata paling disuka dibanding bagian paha dan dada.

Dalam sehari warung yang berada sekitar satu kilometer dari obyek wisata Pantai Samas ini rata-rata menghabiskan 60 hingga 80 ekor bebek. Daging bebek yang empuk dan wangi menjadikan bebek goreng Umar Plenteng menjadi buruan meski tempatnya ada di pelosok selatan Bantul.

Untuk menikmati urut-urut bebek Anda cukup merogoh uang 20 ribu rupiah. Dihadapan Anda akan tersaji urut-urut lengkap dengan lalapan, nasi dan segelas minuman.



Taken From: Liputan6.com

No comments:

Post a Comment